PEMASARAN BUKU
22 Februari 2023
Peserta : Suharno, M.Pd
Pertemuan Resume
: 20
KBMN PGRI Gelombang : 28
Tanggal
: 22 Februari 2023
Tema
:
Pemasaran Buku
Narasumber : Agus
Subardana, S.E.,M.M.
Moderator
:
Purbaniasita KS, S. Pd.
Salam Leterasi
Tema pertemuan ke 20 " Pemasaran Buku
" dengan narasumber Bapak Agus Subardana, S.E.,M.M. seorang Director
of Marketing Andi Publisher, lulusan S2 Magister Management
Merketing , Fak . Ekonomi Universitas Satya Negara Jakarta 2012. Untuk lebih
mengenal Beliau, silahkan kunjungi https://literasikangagus.blogspot.com/
Agus Subardana, S.E.,M.M.
Setelah mengenal narasumber
kita, saya akan membagikan materi yang saya rangkum pada pertemuan malam ini,
yuk disimak...
Beberapa Hal Tentang
Buku
"Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak -- anak
telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku" ungkap Pak Agus melalui https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/strategi-pemasaran-di-dunia-perbukuan.html?m=1
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan
dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Strategi Pemasaran Buku
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang
cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong
kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun
budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri
Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan
buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat
dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah
kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang
diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan
berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan
Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah
menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi
32 katagori. Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua
strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi
pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara
singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
a. Pemasaran buku lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau
gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital
seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga
keinginan customer maka akan
dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada
dimana mana, sekarang cara
mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah?
Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi
kehidupan kita.
Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan
bisnis On Line mungkin sudah
tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Digital marketing merupakan
teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah
teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau
internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI
Offset terapkan antara lain :
- Content
marketing; adalah salah satu
jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian
konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi
menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content
marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
- Search Engine
Optimization (SEO); SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna
internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com)
dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
- Search Engine
Marketing (SEM) ; merupakan upaya untuk mengoptimasi website di
mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran
digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian
mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
- Social media
marketing ; dengan memanfaatkan berbagai
platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa
menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial
seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang
supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering
dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun
sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon
konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah
sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih
mudah. Contoh dengan menggunakan pantun jualan di Media Sosial supaya
menarik perhatian.
- Email Marketing ; strategi marketing yang satu ini
menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
- Instant messaging
marketing ; bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak
melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren
komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp,
Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
- Influencer
Marketing ; Kehadiran
influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau
ditawarkan oleh seorang influencer.
- Video
marketing ; untuk
melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video
menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
- Penerbit Andi
Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena
orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini
bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live
streaming
Manfaat pemasaran buku
secara online
Untuk
penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi
, supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial,
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu,
- Menaikkan
penjualan dan profit.
- Membandingkan dan
keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing.
- Membentuk citra
produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
- Mengubah tingkah
laku , persepsi dan pendapat konsumen.
b.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas
kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas
kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas
akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi
penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan
interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi
kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll.
B. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh
wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d
Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku
serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju ,
antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu
memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar
sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok
rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku
ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional. Kenapa kita perlu petakan jenis toko
buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai
sistem administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern
yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store.
Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi
yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.Adapun toko
buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual .
Untuk itu saluran toko buku
tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku
dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko
buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display
buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner,
- Mengadakan Bedah
Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan event tematik
sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program
TAM , dll )
- Dan masih banyak
lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Promo Diplay Buku di
Toko
Promo discount
2. Direct Selling /
Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui
Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan
(Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA, SMK).
- Buku Teks
Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk
jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis
katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).
Tugas Tenaga Penjual /
sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing –
masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah, tim marketing bertemu dengan kepla sekolah/
wakil kepala sekolah urusan kurikulum atau ke petugas perpustakaan untuk
membangun pendekatan secara personal.
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus, dengan dosen, dekan ,kepala kaprodi.
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah
dll.
- Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan
yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event –
Event
Aktif dalam melakukan event – event seperti event Pameran
buku, seminar, workshop, Tryout, dan lain- lain, sebagai sarana untuk
memprosikan dan transaksi langsung produk buku. Biasanya even- event besar
dilaksanakan biasanya 4 kali dalam setahun dan untuk event - event yang kecil
dapat dilakukan satu atau dua bulan sekali.
Sesi tanya jawab
Pada sesi ini peserta diberikan kesempatan untuk bertanya melaui chat
pribadi ke moderator, untuk pertemuan kali ini saya mendapatkan kesimpulan
:
- Dalam memasarkan
buku tergantung pada penerbit buku tersebut, jika penerbit berskala mayor
seperti Penerbit Andi akan langsung melakukan pemasaran ke toko - toko
buku baik secara online maupun offline.
- Jenis - jenis
buku yang banyak peminatnya dalam katagori umum seperti novel, fiksi,
pengembangan diri, motivasi, buku cerita, buku anak. Dan buku tentang
religius seperti buku - buku tentang agama islam.
Demikian resume untuk pertemuan kita malam ini,
semoga bermanfaat terimakasih Narasumber Bapak Agus Subardana,
S.E.,M.M. dan Moderator Purbaniasita KS, S. Pd. Barakallah
Salam literasi.
Bagus resumenya
BalasHapus