Jumat, 27 Januari 2023

 

MENULIS ITU MUDAH

27 Januari 2023

 


 

Peserta           : Suharno, .M.Pd

Judul               : Mudah Berbicara Lewat Tulisan

Resume Ke      : 9

Gelombang      : 28

Tanggal            : 27 Januari 2023

Tema                : Menulis Itu Mudah

Narasumber      : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator         : Lely Suryani, S.Pd.SD

 

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Salam Leterasi   

Hari jum’at terasa Indah. Besok adalah hari libur, semangat untuk menulis mulai menghangat, bagaikan kendaraan bermesin dasel. Inilah yang sedang kurasakan. Penerbit buku mulai kucari namun tulisan belum utuh sampai sebuku. Akub buka beberapa referensi lalu kukaitkan dengan judul naskah buku. Kuulang lagi, sampai ngantuk hingga tertidur, tertidur di kursi belajarku, lalu terjaga. Dan kubuka laptop eeeee… ternyata masih menyala menanti tangan terampil untuk memainkan keyboard laptop tersayang.

Menulis Itu Mudah.  Tema yang sangat menarik.  Diri daya agak tidak kaget kalau membaca kata Mudah seakan apa yang mudah itu bisa menular padaku.  Bu Lely Suryani, S.Pd. SD sebagai moderator yang mendampingi Prof. Dr. Ngainun Naim selaku pemateri lumayan banget bagusnya.  Prof mengatakan bahwa pengalaman sehari-hari itu bisa menjadi sumber tulisan yang subur.  Tulis saja apa yang terjadi, anggap sedang berbicara atau bercerita.  Tidak usah takut salah.  Iya juga sih Prof..kalau banyak takutnya kan jadi serba salah ya. Hehee..

Prof Ngainun melanjutkan: "Jangan menulis sambil membaca dan diedit.  Itu bisa menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran.  Nulis ya nulis aja.  Keluarkan apa yang ada dalam pikiran secara bebas.  Jika sudah selesai tinggalkan dulu.  Simpan di komputer.  Jangan dibaca dulu.  Cari suasana psikologis yang berbeda.  Misal nulis pagi, sore baru dibaca.  Cermati kalimat demi kalimat.  Tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah.  Jika ada typo, perbaiki.  Sebelum mengunggah ke blog atau kompasiana dibaca ulang tulisannya.  Minimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan.  Karena tulisan kita adalah jejak kita."

Prof menambahkan, satu lagi kunci menulis yang membuat menulis menjadi mudah, yaitu "Menulis  Secara Ngemil,  Sedikit demi sedikit."

Terima kasih Prof. Dr. Ngainun Naim dan Lely Suryani, S.Pd.SD, serta seluruh Mentor, juga tim SOLID  untuk ilmu dan motivasinya. Barakallohufiikum.

2 komentar:

USAHA PENERBITAN BUKU CAK ININ

  Usaha Penerbitan Buku Cak Inin Jum’at, 17 Maret 2023 Sumber: Dokumen Pribadi     Pes...